Minggu, 10 Februari 2019

YANG REMEH YANG MENGGANGGU


        

         Bau secara kata memang hanya tiga huruf. Tapi pangaruhnya dalam kehidupan nyata benar-benar luar biasa. Orang jelas sebel dan gak mau dekat-dekat, kalau kamu bau. Bukannya bermaksud gak manusiawi, tapi cobalah lebih berperasaan sama penciuman orang disekelilingmu. Memang sih mereka masih mau senyum sama kamu, masih mau berinteraksi, tapi kalau bisa pasti mereka lakukan dalam radius yang gak terlalu dekat.

      Daripada berharap sedunia memaklumi dan mau mengerti bau-baumu, akan lebih gampang kalau kamu mengubah diri. Meski kamu pribadi tidak terganggu, dan bisa enjoy jalanin rutinitas hari-hari. Tetap gak beralasan mempertahankan bau yang gak enak.

            Ini juga yang sering bikin orang-orang bingung. Sebab mereka nemuin cukup banyak kasus muslimah berjilbab yang punya masalah dengan BB, tapi anehnya yang bersangkutan tidak terlihat terganggu sama sekali, tidak merasa begitu. Padahal jika orang di sekelilingnya udah megap-megap mencari udara segar ketika di dekatmu. Harusnya kamu yang pertama ‘ngeh’ dong?

           Penyebab bau-bauan ini tentu macam-macam. Dan faktor eksternal atau di luar diri si muslimah. Sampai faktor internal yang penyebabnya gak jauh-jauh, yaitu dari dalam si muslimah sendiri. Meski gak berwarna dan gak kelihatan, tapi keberadaan bau yang biasa mengganggu. Gak Cuma membuat  orang lain gak nyaman, bahkan bisa membuat pusing. Gak konsen, sampai pengen muntah. Separah itukah?

           Makanya perlu banget kita kenali sumber-sumber yang berpotensi menimbulkan bau-bauan ini. Apa aja sih?

1.    KERINGAT
    Pertama-tama kamu harus waspadai bau keringat. Sebab yang satu ini benar-benar ‘hidden killer’, asli mematikan. Perhatikan jika selama ini orang-orang gak betah dekat denganmu. Boleh jadi kamu punya masalah bau badan. Mungkin itu sebabnya mereka bawaannya pengin buru-buru lari aja menyelamatkan diri, daripada pingsan di tempat?
Jadi, yakin deh. Biarpun cantik, tinggi, langsing, penampilanmu ngalahin siapa pun yang paling top di jagat ini, tapi kalua bau, siapa yang kuat dekat-dekat?

Tips dan Tricks:
  • Ganti jilbabmu sehari sekali
        Jangan karena malas nyuci atau ngirit baju, terus kamu jadi jarang ganti. Plis, peduli dengan kenyamanan orang disekitarmu. Apalagi seharusnya kamu yang paling terganggu dengan jilbab yang semerbak itu. Jadi jangan pura-pura cuek, ya?
Trus jangan juga pakai jilbab model side A side B. Tau kan?
Itu lho yang habis pakai sisi satunya terus besoknya dibalik dan dipakai sisi satunya lagi. Side A side B ini sama aja, lagi. Jangan merasa tenang dan aman karena sistem bolak balik tidak bertanggung jawab ini.
  • Ganti bajumu
      Jangan pakai baju yang sama untuk dua hari. Terutama atasan, “kan yang penting jilbabnya diganti, mbak?” Non, ganti baju itu maksudnya bukan sekadar supaya orang gak nyariin kita. Hari ini pakai jilbab kembang-kembang, besok kotak-kotak. Terus berharap orang lupa. Baju, terutama atasan, harus ganti supaya bau keringat gak nyebar keseluruh dunia. Sedangkan rok atau celana panjang, kalau kelihatannya masih bersih, gak apa deh dipakai untuk dua hari. Tapi janji jangan sampe seminggu yaaa….
  • Pakai anti BB
         Gak harus minyak wangi. Kamu bisa pakai anti BB yang sekarang udah banyak dijual di pasaran, dari yang jenisnya bedak BB sampai yang model roll on. Harganya juga gak terlalu mahal. Kalau dilihat efektifnya, sepertinya roll on  lebih bagus. Jangan lupa, pakai setiap habis mandi.
  • Mandi
      Ini seharusnya malah jadi yang pertama, MANDI. Sehari minimal dua kali. Jangan mentang-mentang udah pakai roll on  jadi jarang mandi, ya? Lagian mandi bagus buat kebutuhan kulitmu, biar gimana air kan pelembab alami, selain itu mandi juga menyegarkan pikiran biar gak butek melulu.
  • Masih Bau?
        Kalau tingkat bau BB-mu tinggi sekali. Setiap hari meminum segelas air daun sirih yang direbus.
  • Makanan dan Minuman
      Hindari juga makanan atau minuman yang merangsang timbulnya bau badan dan keringat yang berlebihan.
  • Ekstra Baju Salin
       Terus, kalau kamu termasuk yang cepat keringatan, atau sering nginap ke rumah teman, dengan alasan belajar kelompok, ngerjain PR, atau alasan rapat organisasi, maupun acara mabid, jangan malas bawa baju ganti dan semua perlengkapan yang menghindarkanmu dari menyerang hidung orang.
 
2.    BAU MULUT
     Hanya karena kamu ber ’hah’ dan merasakan bau mulutmu gak menganggu. Bukan berarti orang lain juga merasakan begitu. Lagi puasa? Gak alasan juga untuk membiarkan bau mulut merajalela. Sebab, meskipun dalam keadaan puasa mulut relatif jadi lebih bau dari biasa, bukan berarti gak bisa diminimalisir.

TIPS & TRICKS :
  • Rajin-rajin sikat gigi
          Trus yang benar sikat gigi sehabis makan. Jadi bukan sebelum sarapan. Selain itu, ada lho hadist tentang sunnahnya siwak atau sikat gigi tiap sebelum shalat. Bagus sekali jika bisa membiasakan menyegarkan bau mulut dengan sikat gigi lebih sering. Gak cuma dua kali sehari. Apalagi kalau kamu habis makan pete, jengkol atau duren yang menyisahkan bau di mulut.
  • Pakai obat kumur
     Kalau masih bau juga, kamu bisa sedia obat kumur yang sekarang udah banyak macamnya. Paling tidak berkumur dulu sebelum ketemu orang-orang penting.
  • Sedia permen mint
      Selalu sedia permen mint. Siapkan di tas, dan kunyah-kunyah sebelum pertemuan penting. Mengunyah permen min sebelum ketemu orang-orang lebih baik daripada ngunyah coklat, yang gak punya efek menyegarkan mulut, malah bisa-bisa membuat gigimu kecokelatan.
  • Ke dokter gigi
        Yang bolong dan perlu ditambal, atau malah gigi busuk yang harus dicabut, mungkin karang gigi yang tidak pernah dibersihkan.
 
3.       RAMBUT

        Keringat gak bau, mulut gak bau, giliran rambut yang harus diperhatikan. Mentang-mentang pakai jilbab gak berarti terus kita jadi cuek dengan urusan rambut dan keramas cuman sebulan sekali.

        Jangan dong, biar kamu pakai jilbab (apalagi yang belum) aroma rambut yang apek bisa nyebar kemana-mana, bahkan menembus jilbabmu.  Perhatian sama rambutmu. Gak usah berlebihan dan menghabiskan dana ratusan ribu. Normal saja biar rambutmu gak bau dan lebih sehat.

TIPS & TRICKS:
  • Keramas rutin
         Keramas rutin itu perlu, paling gak dua hari sekali. Rambut sehat bikin kepalamu bebas dari gatal-gatal, yang bikin kamu gak enak dipandang atau bahkan mendulang tuduhan, “ jilbaber cakep-cakep….kutuan, ya? Apalgi kepala kita tertutup, perlu perhatikan ekstra biar rambut oke.
  • Keringkan rambutmu!
       Aroma gak enak juga bisa keluar dari pori-pori kain jilbab, kalau kamu pakai jilbab dalam kondisi rambut masih basah, ba’da keramas. Keringin dulu deh. Kalau kamu gak punya waktu, atur jadwal keramasmu, biar gak terburu-buru.
  • Tonik!
       Lebih baik lagi kalau keramas kamu sempat pakai tonik, biar akar-akar rambutmu makin kuat. Apalagi kalau rambutmu memang tipis, atau bahkan lagi rontok banget. Tonik juga membuat aroma rambut jadi lebih segar.
  • Jangan gampang kemakan iklan!
        Jangan mudah kemakan iklan. Apalagi ngikutin merek atau tren rambut. Cari produk perawatan rambut, dari mulai sampo, conditioner,  dan tonik yang cocok dengan kamu. Kalau udah pakai merek itu tapi kepala masih gatal-gatal, ketombean, atau bahkan panas banget, berarti merek tersebut mungkin gak cocok untukmu. Juga jangan gara-gara ngirit sampo jadi nunda sampai tiga hari. Bisa-bisa rambutmu kusam atau rontok.
  • Sisir
         Benar sih kamu berjilbab. Benar sih rambutmu gak kelihatan. Tapi bukan berarti kamu gak perlu nyisir lagi.
 
4.       TANGAN

Tips & Tricks :
  • Kalau memang rumah makan ada kamar mandi dan wastafel. Jangan malas beranjak dari kursimu dan cuci tangan dengan sabun.
  • Bawa sabun cair atau tisu basah kalau kamu makan di luar atau dalam perjalanan
  • Selepas mencuci tangan, cium-cium lagi tanganmu, pastikan semua bau sudah hilang.
 
5.       ANEKA RASA BAWA-BAWAAN LAIN
  • Angin
         Buang angin karena masuk angin atau memang udah waktunya, lumrah aja kan? Tapi jangan asal buang angin di tempat umum, apalagi kalau  kamu mengira aman-aman aja selama gak bunyi, bunyi atau tidak yang namanya kentut tetap aja bau.
  • Kaus kaki
        Banyak muslimah yang memilih warna hitam untuk kaus kakinya, dengan alasan gak cepat kotor.  Perlu diingat lagi masalahnya bukan sekadar kotor, lalu merasa aman ketika kaus kaki gak kelihatan dekil. Masalahnya yang lebih besar adalah bahwa kaki menimbulkan bau-bauan yang gak enak yang melekat di kaus kaki kita, setelah dipakai berhari-hari.
 
 
 
 
x

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WANITA CERDAS

Wanita cerdas punya poin plus dihadapan orang lain. Cenderung dihormati dengan pola pemikirannya yang positif dan terarah. Apa saja kriteri...

Sering dibaca