Selasa, 29 Januari 2019

BERTENGKAR


Sebuah keluarga yang memiliki anak lebih dari satu, pasti memiliki peluang untuk bertengkar dengan saudara kandungnya😊

Ayooo... siapa diantara kita yang pernah bertengkar dengan adek ataupun dengan kakak?😅
Kenapa pertengkaran itu bisa terjadi?
Biasanya anak merasa tidak suka dengan adek dan kakaknya atau anak merasa cemburu terhadap perlakuaan kita sebagai orang tua.

Apa yang dilakukan orang tua kita untuk menghentikan pertengkaran tersebut?


Ada beberapa cara yang dapat dilakukan apabila anak kita bertengkar:

1.     Aturan dilarang bertengkar
              Lingkungan rumah kita perlu dibuat aturan tertulis. Orang tua perlu menanamkan aturan yang konsisten. Contohnya: Mengasihi dan menyayangi satu sama lain, selalu merapikan kamar tidur, mengembalikan barang-barang yang sudah digunakan pada tempatnya, tidak boleh bertengkar dan menghormati milik orang lain. 

2.     Konsisten
      Orang tua harus selalu konsisten dengan peraturan yang telah ada. jangan biarkan kita longgar dengan aturan yang kita buat. Apabila kita tidak konsisten saat penanganan aturan akan memberi anak bahwa peraturan boleh dilanggar.

3.     Berikan perhatian
         Sebagai orang tua terkadang memang sulit memberikan perhatian penuh. Kadang kita ingin memiliki waktu untuk dirinya sendiri. Namun, sebagai orang tua tidak bisa memberikan perhatian kepada anak makan lihatlah apa yang terjadi. Anak akan melakukan sesuatu buruk agar mendapatkan perhatian.

4.     Mengajari komunikasi yang baik
Apabila anak tidak dapat berkomunikasi dengan baik maka anak akan frustasi, untuk menghindari kita sebagai orang tua perlu mengajarkan anak cara mengungkapkan perasaan, meminta dengan baik dan meminta maaf.

5.     Tumbuhkan Empati
Orang tua perlu mengajari anak mengerti perasaan orang lain. Jika anak dapat berempati maka anak akan menjadi berpikir dua kali sebelum menyakiti orang lain.

6.     Menjadi teladan
Perlu kita ketahui bahwa anak lebih mudah belajar dengan cara melihat dibandingkan dengan cara mendengar nasehat. Jika orang tua sudah membuat aturan 'tidak bertengkar', tetapi anak-anak selalu melihat orang tuanya bertengkar maka saat itu anak sedang belajar bagaimana cara bertengkar.

7.     Sediakan waktu bersenang-senang bersama keluarga
Orang tua perlu membuat jadwal bersenang-senang dengan keluarga. Kita bisa melihat yang terjadi pada anak-anak yaitu gembira, rukun, dan tidak ada perkelahian.

Cara mana yang sudah kita lakukan untuk anak-anak....😊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WANITA CERDAS

Wanita cerdas punya poin plus dihadapan orang lain. Cenderung dihormati dengan pola pemikirannya yang positif dan terarah. Apa saja kriteri...

Sering dibaca