Sabtu, 26 Januari 2019

PERILAKU BURUK



Pada usia lebih dari 4 tahun anak mengalami kemajuan. Kini mereka bukan bayi lagi. Mereka telah tumbuh menjadi seorang aku yang sedang dalam proses awal pencarian jati dirinya. Mereka memang semakin pandai, namun karena pertambahan kepandaiannya jugalah kini mereka menjadi sulit di atur.

Orang tua dalam menghadapi anak pada usia ini dituntut lebih banyak berfikir. Anak usia ini, kini tidaklagi hanya menuruti perintah dari orang tua maupun guru. Kita biasanya menyebut dengan kata 'ngeyel'. Padahal hal itu merupakan proses berkembangnya pola pikir seorang anak dan fase inilah mulai muncul perilaku seperti membangkang atau membantah.

Di usia ini menjadi berani membantah. Beberapa perilaku yang dulunya tidak ada sekarang muncul. Misalnya saja berbohong, mencuri, berkata kasar, memukul teman, dan berbagai perilaku negatif. Pada usia ini perilaku buruk tersebut bisa dikatakan normal. Akan tetapi, apabila tidak ditangani dengan efektif akan sangat mungkin berkembang menjadi luar biasa.

Sejak dini, anak mulai diajari cara mengontrol perilaku dirinya agar dapat diterima oleh lingkungannya. Sikap orang tua yang salah terhadap perilaku anak dapat menyebabkan perilaku buruk anak menetap sampai dewasa. 
Penyikapan yang tepat terhadap perilaku saat berlangsungnya tumbuh kembang anak ini sangat penting dilakukan untuk mengantisipasi adanya dampak buruk akibat pola perhatian pendidikan yang salah dari kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WANITA CERDAS

Wanita cerdas punya poin plus dihadapan orang lain. Cenderung dihormati dengan pola pemikirannya yang positif dan terarah. Apa saja kriteri...

Sering dibaca