Sabtu, 26 Januari 2019

SEMUA ANAK CERDAS



DAY 6

Masa empat tahun pertama ini sering disebut Golden Age (Masa keemasan). Pada masa ini anak mampu menyerap dengan cepat setiap rangsangan yang masuk ke dalam otaknya. Anak akan mampu menghafal banyak sekali informasi, seperti kosa kata, nada dan bunyi-bunyian. Oleh karena itu, jika para orang tua menyia-nyiakan kesempatan emas pada masa kanak-kanak, berarti mereka telah kehilangan momen yang sangat baik untuk memberikan pendidikan anak. Jangan sampai anak kehilangan kesempatan untuk mengasah potensinya.
Allah berfirman dalam surat Al-Anfal ayat 27-28 :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَخُونُوا اللَّهَ وَالرَّسُولَ وَتَخُونُوا أَمَانَاتِكُمْ وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ. وَاعْلَمُوا أَنَّمَا أَمْوَالُكُمْ وَأَوْلادُكُمْ فِتْنَةٌ وَأَنَّ اللَّهَ عِنْدَهُ أَجْرٌ عَظِيمٌ

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kalian mengkhianati Allah dan Rasul-(Nya) dan (juga) janganlah kalian mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepada kalian, sedangkan kalian mengetahui. 

Dan ketahuilah bahwa harta kalian dan anak-anak kalian itu hanyalah sebagai cobaan, dan sesungguhnya di sisi Allahlah pahala yang besar. 

Berdasarkan teori Sigmund Freud, masa kecil seorang individu adalah masa terpenting yang menentukan akan menjadi apakah anak tersebut. Pada masa anak-anak, orang tua sangat mudah memberikan masukan apapun ke dalam diri anak. Karakter anak pada saat itu masih labil sehingga mudah diubah oleh orang tua menjadi karakter yang lebih optimis.

Bagaimana cara memberi stimulus kepada anak?🤔

Stimulus anak yang paling menyenangkan adalah bermain. Meluangkan waktu kita untuk bermain dengan anak. Dengan begitu anak akan mendapat pengalaman rasa ingin tahunya. Berikan juga anak permainan yang dapat membantu memaksimalkan kemampuan otak dan pikiran seperti puzzle, serta permaianan yang melatih konsentrasi dan ingatannya.

Anak adalah amanah dari Allah yang dititipkan oleh kita dan setiap anak itu cerdas. Kita adalah hasil cetakan dari orang tua kita dan saat menjadi orang tua, kita melakukan hal yang sama pada anak. Dengan kata lain, orang tua memiliki andil dalam menentukan masa depan anak.😊Sukses atau tidaknya seorang anak ditentukan dari kedua orang tuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WANITA CERDAS

Wanita cerdas punya poin plus dihadapan orang lain. Cenderung dihormati dengan pola pemikirannya yang positif dan terarah. Apa saja kriteri...

Sering dibaca